Selasa, 02 November 2010

Demo pembuatan bioethanol di IPB

Pada bulan juli 2008 yang lalu kami diundang untuk demo pembuatan bioethanol di Institut Pertanian Bogor pada pelatihan yang diselenggarakan oleh SBRC IPB yang bekerja sama dengan PT Kreatif energy.
Dalam demo tersebut kami uji cobakan alat sederhana yang bisa untuk memproduksi bioethanol dengan kadar diatas 90%.Foto persiapan demo pembuatan bioethanol di ruang pelatihan SBRC IPB yang mana kami sedang merakit ulang alat yang kami bawa untuk keperluan tersebut. Alat-alat tersebut adalah destilasi yang berkapasita 30 liter/hari serta evaporator dari drum bekas. Dalam demo tersebut kami gunakan bahan baku dari molases/tetes limbah pabrik gula yang sudah disediakan oleh penyelenggara pelatihan. Mengapa digunakan molasses/tetes limbah pabrik gula????
Bahan tersebut kami gunakan karena bahan tersebut mudah kita dapat dan langsung bisa lakukan proses fermentasi.
Pada demo tersebut kita sengaja memakai bahan-bahan dari material bekas untuk memberikan motifasi kepada para peserta pelatihan bahwa untuk membuat bioethanol kita bisa memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai/limbah.
Bagi teman-teman yang berminat untuk belajar membuat bioethanol baik mengenai cara pembuatan bioethanol sampai proses destilasi bisa belajar dengan kami. Dalam waktu tidak dari satu hari kami akan mengajarkan anda cara membuat bioethanol dengan mudah dan gampang dipraktekkan. Dengan bisa membuat bioethanol kita tidak akan takut akan kelangkaan BBM. Karena bioethanol yang dihasilkan akan langsung bisa kita aplikasikan sebagai BBM pengganti PREMIUM dan MINYAK TANAH.
Dan apabila teman-teman berminat untuk membuat destilasi kami bisa membantu untuk pabrikasi sesuai dengan kapasitas yang diinginkan dengan menyesuaikan modal yang  teman-teman miliki.

1 komentar:

  1. SAYA BERMINAT SEKALI DALAM PENGOLAHAN BIOETANOL,SY MINTA NO KONTAKNYA

    BalasHapus